PENDIDIKAN KARAKTER
Oleh: Ibu Umiyatun, S.Pd.
ASSALAMUALAIKUM WR WB
Selamat pagi ,salam sejahtera untuk kita semua.
Peserta didik baru SMP 3 Pajangan tahun pelajaran 2020/2021 yang berbahagia.
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT , yang telah memberikan banyak kenikmatan kepada kita semua,terutama nikmat sehat di masa pandemi covid yang sedang melanda negeri kita tercinta Indonesia.
Anak anakku, salah satu cara mensyukuri nikmat Allah yang sudah diberikan kepada kita berupa nikmat sehat.,maka marilah bersama sama kita menjaga kesehatan ,terutama di saat pandemi covid ini dengan cara menerapkan protocol kesehatan dimanapun kita berada.
Saat ini ,kita memasuki fase atau tahapan yang disebut dengan NEW NORMAL ,yaitu suatu perubahan perilaku untuk tetap menjalankanaktivitas normal dengan ditambah menerapkan protocol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid 19.
Anak anak sudah pahamkah kalian ,apa saja protocol kesehatan yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari di kondisi new normal ini
Yang harus kita lakukan adalah ;
1. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan baik dengan air dab sabun maupun menggunakan hand sanitizer.
2. Jangan menyentuh area wajah saat tangan kotor.
3. Selalu gunakan masker saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain
4. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
5. Terapkan etika batuk dan bersin.
6. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup .
Anak anakku ,peserta didik baru , yang kedua ,ibuk ucapkan selamat atas diterimanya kalian di SMP 3 Pajangan . Saat ini kalian sedang melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).Pada kesempatan ini ,ibuk akan memberikan materi mengenai PENDIDIKAN KARAKTER.
Menurut DEPDIKNAS Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan ,kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai nilai tersebut baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesame,lingkungan maupun kebangsaan.
Anak anakku,ada 5nilai karakter utama yang bersunber dari pancasila yang menjadi prioritas pengembangan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter yaitu :
1. Nilai karakter religious
mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain. Implementasi nilai karakter religius ini ditunjukkan dalam sikap cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, anti perundungan dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih.
2. Nilai karakter nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Sikap nasionalis ditunjukkan melalui sikap apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama.
3. Nilai karakter integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral. Karakter integritas meliputi sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran. Seseorang yang berintegritas juga menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas), serta mampu menunjukkan keteladanan.
4. Nilai karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. Siswa yang mandiri memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
5. Nilai karakter gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan. Diharapkan siswa dapat menunjukkan sikap menghargai sesama, dapat bekerja sama, inklusif, mampu berkomitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong menolong, memiliki empati dan rasa solidaritas, anti diskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.
Demikian materi Pendidikan karakter yang ibu sampaikan.Semoga anak –anakku memiliki nilai nilai karakter tersebut,menanamkan dalam hati dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari dimanapun kalian berada.
WASSALAMUALAIKUM WR WB
Kirim Komentar