KURIKULUM SMP 3 PAJANGAN
Oleh: Bapak Sugiyanto, S.Pd.
Pengertian Kurikulum
Secara etimologis, kurikulum berasal dari bahasa inggris yaitu kata curriculum yang berarti rencana pelajaran (Echolz:1984). Kata Curriculum sendiri berasal dari kata "Currere yang berarti berlari cepat, tergesa gesa, menjelajahi, menjalani, dan berusaha (Hassibuan:1979). Dalam kamus Webster's tahun 1857, secara gamblang kurikulum diartikan sebagai rancangan sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa untuk naik kelas atau mendapatkan ijazah
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.[1] Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.
Kurikulum SMP 3 Pajangan adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh SMP 3 Pajangan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu Tahun pelajaran 2020 / 2021
Visi SMP 3 Pajangan adalah “Takwa, unggul, berbudaya, dan peduli lingkungan”. “TANGGUL BERLIAN”
Indikator keberhasilan visi tersebut adalah sebagai berikut ini.
- Berakhlak mulia, beriman, dan bertakwa
- Unggul dalam prestasi akademik,
- Unggul dalam prestasi non akademik,
- Menjunjung tinggi budaya daerah dan nasional
- Sehat dan peduli lingkungan
Misi SMP 3 Pajangan :Untuk mencapai visi sekolah tersebut, SMP 3 Pajangan merumuskan misi sekolah sebagai berikut ini.
- Meningkatkan iman dan takwa dengan melaksanakan kegiatan keagamaan secara terprogram, rutin, dan spontan.
- Mewujudkanpemenuhan 8 standarpendidikan.
- Melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi informasi yang efektif, efisien, dan bermakna.
- Mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan ( PAIKEM ) denganpendekatansaintifik.
- Mengoptimalkan pelayanan bimbingan dan konseling.
- Mengoptimalkan pelaksanaan pengembangan diri dalam bidang olahraga,
- Mengoptimalkan pelaksanaan pengembangan diri dalam bidang seni, kreativitas, dan keterampilan.
- MelaksanakanPenguatanPendidikanKarakter (PPK).
- Melaksanakan kegiatan pembiasaan secara terprogram, rutin, dan spontan.
- Mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya.
- Membudayakan perilaku hidup bersih, aktif, dan sehat.
- Mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan berbasis lingkungan.
Mata Pelajaran dan Alokasi Waktu Kurikulum SMP 3 Pajangan
Tabel 1. Mata Pelajaran SMP 3 Pajangan
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
||
VII |
VIII |
IX |
|
Kelompok A |
|
|
|
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
3 |
3 |
3. Bahasa Indonesia |
6 |
6 |
6 |
4. Matematika |
5 |
5 |
5 |
5. Ilmu Pengetahuan Alam |
5 |
5 |
5 |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
7. Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
Kelompok B |
|
||
1. Seni Budaya |
3 |
3 |
3 |
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
3 |
3 |
3 |
3. Prakarya |
2 |
2 |
2 |
4. Mulok Bahasa Daerah / Bahasa Jawa |
2 |
2 |
2 |
5. BimbinganKonseling |
1 |
1 |
1 |
Jumlah |
41 |
41 |
41 |
Tabel 2. Mata Pelajaran SMP 3 Pajangan (KHUSUS PANDEMI COVID 19)
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
||
VII |
VIII |
IX |
|
Kelompok A |
|
|
|
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
2 |
2 |
2 |
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
3. Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4. Matematika |
4 |
4 |
4 |
5. Ilmu Pengetahuan Alam |
4 |
4 |
4 |
6. Ilmu Pengetahuan Sosial |
3 |
3 |
3 |
7. Bahasa Inggris |
3 |
3 |
3 |
Kelompok B |
|
||
1. Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
3. Prakarya |
1 |
1 |
1 |
4. Mulok Bahasa Daerah / Bahasa Jawa |
1 |
1 |
1 |
5. BimbinganKonseling |
1 |
1 |
1 |
Jumlah |
28 |
28 |
28 |
Kenaikan kelas dan Kelulusan
Kenaikankelas
Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan karakteristik satuan pendidikan.Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratanberikut ini.
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
- Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
- Nilai kurang dari KKM maksimal pada tiga mata pelajarandalam 1 tahun.
- Nilai pengembangan diri wajib Pramuka minimal Baik (B).
- Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektifdanbenar-benardiberlakukan.
- Kenaikan kelas diputuskan dalam rapat pleno dewan guru.
Rumus Kenaikan Kelas:
( 2X Penilaian Harian ) + (Penilaian Tengah Semester ) + ( Penilaian Ahir Tahun)
Strategi Penanganan Siswa yang Tidak Naik Kelas:
1) Siswa yang tidak naik dapat mengulang di SMP 3 Pajangan.
2) Bagisiswa yang tidakmengulangorang tua wajib untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain.
Kelulusan
Kelulusan dan kriteria kelulusan peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan gurusetelahmenerimahasil UN. Peserta didik dinyatakan lulus setelah memenuhi syarat berikut.
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
- Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik;
- Lulus ujian satuan pendidikan (US dan USBN);
- Diperoleh US setelah UN;
- Mengikuti Ujian Nasional untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan; dan
Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektifdalamdua semester pada tahun pelajaran yang diikuti
Rumus Kelulusan USBN: (Ujian Praktek + Ujian Tulis):2
KALENDER PENDIDIKAN
No |
Bulan |
Jml Minggu |
Minggu Efektif |
Minggu tdk Efektip |
Keterangan |
|
Juli 2020 |
|
|
|
|
|
Agustus 2020 |
|
|
|
|
|
September 2020 |
|
|
|
|
|
Oktober 2020 |
|
|
|
|
|
November 2020 |
|
|
|
|
|
Desember 2020 |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
SEMESTER GENAP
No |
Bulan |
Jml Minggu |
Minggu Efektif |
Minggu tdk Efektip |
Keterangan |
|
Januari 2021 |
|
|
|
|
|
Februari 2021 |
|
|
|
|
|
Maret 2021 |
|
|
|
|
|
April 2021 |
|
|
|
|
|
Mei 2021 |
|
|
|
|
|
Juni 2021 |
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
Jumlah 1 Tahun |
|
|
|
|
Kirim Komentar